MEMBIDIK PASAR PIRAMIDA BAWAH

Posted on

Oleh: Nasruloh *)

Pasar piramida bawah atau yang berpendapatan rendah memiliki keunikan tersendiri. Pangsa pasarnya sangat luas, potensi penjualannya besar. Daya belinya relatif rendah. Lebih separuh penduduk tergolong pada segmen ini.

Untuk menjangkau pasar ini, perusahaan harus berinovasi untuk menghilangkan beberapa fitur. Bahkan merancang ulang produk ini. Konsep distribusi dan logistiknya pun perlu di inovasi.

Unilever di India mencoba merancang produk deterjen pencuci baju bernama Wheel untuk segmen ini. Deterjen ini memiliki perbandingan minyak dan air yang rendah agar dapat digunakan untuk mencuci kain di sungai dengan menggunakan tangan.

Agar bisa menjangkau pasar yang luas, unilever melakukan desentralisasi pembuatan, marketing, distribusi serta menjual langsung ke toko-toko, merekrut wirausahawan sakti yang menjual produk door to door.

Wall-Mart, retailer kelas dunia, justru mengembangkan layanan perbankan untuk membidik masyarakat bawah di Amerika. Krisis global saat itu menyebabkan warga AS kehilangan semuanya, temasuk peringkat kredit. Bank Besar tidak lagi melayani kalangan tersebut.

Wall Mart memperkaya variasi produk dan jasa untuk segmen konsumen berpenghasilan rendah serta menawarkan aneka layanan keuangan yang disesuaikan dengan segmen ini.

Salam 5 Jari

*) Penulis adalah Mentor Nasional AMRI dan Owner Baksolahar

Powered by WordPress Google Bing Yahoo AOL Windows Android Linux and Listrikmart bit.ly/klikpeluangusaha Waralaba Franchise Listrik Modern di Sorong Raja Ampat Papua Jayapura Fakfak Gilimanuk Bali NTB Maluku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *