MENJAGA PERTUMBUHAN RETAIL (Bagian 1)

Posted on

Oleh: Nasruloh *)

Mudahnya, bisnis retail hanya menjadi perantara antara prinsipal, suplier, distributor dengan konsumen akhir. Hanya itu perannya. Lalu bagaimana menjaga pertumbuhannya?

Pertumbuhan bisnis retail ditopang dari pertumbuhan jumlah toko dan pertumbuhan organik dari toko yang ada. Mudahnya, tambah toko baru dan meningkat sales toko lama.

Bila memiliki uang yang cukup untuk investasi, strateginya menambah toko baru. Resikonya, apakah kinerja toko baru selalu baik atau menggerus kinerja? Disini butuh kejelian memilih lokasi.

Pertanyaan berikutnya, apakah kita selalu memiliki uang cukup untuk buka toko baru? Bila tidak, menggandeng mitra usaha. Namun apakah bisnis kita memiliki daya tarik untuk para investor?

Menggaet para investor bisa dengan menyarankan toko baru. Investor membuka toko baru. Namun resikonya besar. Apakah toko baru akan berkinerja baik? Bila jelek bagaimana dengan brand kita?

Investor didorong untuk membeli toko yang sudah ada. Uang hasil penjualannya digunakan untuk membangun toko baru. Perlu dihitung, toko berkinerja seperti apa yang layak untuk dijual? Bagaimana resiko perusahaan dengan membuka toko baru?

Menjaga pertumbuhan tetap harus dijaga karena biaya operasional terus meningkat. Menjaga pertumbuhan juga untuk meningkatkan value asset bisnis kita.

Salam 5 Jari

*) Penulis adalah Mentor Nasional AMRI dan Owner Baksolahar

Supported by WordPress Google Bing Yahoo AOL Windows Android GE and Listrikmart Peluang Usaha Listrik Waralaba Franchise bit.ly/klikpeluangusaha di Sragen Surakarta Jogja Yogyakarta Malang Gunungkidul DIY Klaten solo Boyolali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *