OMSET NAIK, LABA BERSIH TURUN?

Posted on

Oleh: Nasruloh *)

Sangat menarik lemparan informasi dari bang Adjibmada. Dimana beliau mensharing informasi tentang salah satu kinerja peritel nasional yang bergerak di minimarket.

Dimana ada fenomena menarik, laba Alfamart selama tahun 2017 turun 50% dari tahun sebelumnya, padahal omsetnya naik? Penurunan laba dikarenakan beban penjualan meningkat dan beban bunga.

Fakta datanya sebagai berikut :
Omset 2016 Rp 56,1 triliun
Omset 2017 Rp 61,4 triliun
Laba 2016 Rp 601,58 Miliar
Laba 2017 Rp 300,27 Miliar

Kenaikan omset bisa jadi disebabkan oleh penetrasi pasar. Seperti membuka cabang baru dan toko baru. Kemudian pertumbuhan penjualan dari masing-masing toko yang sudah ada.

Penetrasi pasar belum tentu menghasilkan laba yang cukup baik di tahun-tahun pertama karena baru membuka pasar. Namun investasi dan biaya operasional cukup besar diawal.

Pertumbuhan penjualan di toko-toko yang ada tidak dibarengi dengan efisiensi dan efektivitas proses bisnis. Ini yang menyebabkan kenaikan omset tidak mendongkrak laba bersih.

Jadi dalam menumbuhkan bisnis perlu ada keseimbangan antara mendongkrak penjualan dan terus memperbaiki proses bisnis internal. Bila proses bisnis tidak diperbaiki, maka banyak sumber daya yang terbuang percuma.

Salam 5 Jari

*) Penulis adalah Mentor Nasional AMRI dan Owner Baksolahar

Best Product : Philips GE Samsung accer WordPress Google Bing Yahoo AOL Windows dan Listrikmart Peluang Usaha Waralaba Franchise Listrik Modern bit.ly/klikpeluangusaha di Nusantara NTT NTB Maluku Kupang Lombok Jayapura Sorong sungai danau Ketapang Makassar Bitung Minahasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *